Sabtu, 23 Juni 2012

Instalasi FreeBSD 7

Instalasi FreeBSD 7.3 pada VM Ware atau Virtualbox. Konfigurasi yang dipakai sesuai dengan standard yang ada alias default. Beberapa hal yg harus disiapkan antara lain :
  • Komputer Host dengan OS “jendela” atau “penguin” & aplikasi Virtual Machine sperti Virtualbox atau VM Ware atau Qemu.
  • Iso FreeBSD seri 7.x disc 1 aja sdh cukup, arch i386
  • Network di set ke NAT atau Host Only Adapter jika ingin bermain-main dengan putty tanpa harus menggunakan port forwarder.
  • Asumsi saya, anda sudah membuat virtual machine dengan nama FreeBSD 7.3 dengan kapasitas HD 8GB, Ram 512MB, Iso Image connected on start up.
Let’s Get Started…
Power on mesin anda, dan akan tampilan seperti ini untuk booting awal…
Booting Awal
Ikuti sampai selesai loading kernel module sampai selesai, lanjut ke gambar berikutnya :

ountry Region (United States) Hit Enter untuk United States (untuk defaultnya) karena Indonesia belum termasuk, anda akan masuk ke sysinstall FreeBSD pada tampilan berikutnya.. Lanjut gan..
Sysinstall FreeBSD
ditampilan sysinstall ini, ada beberapa pilihan. Untuk saat ini kita pilih yang standard terlebih dahulu sebagai permulaan, yaitu Begin a Standard Installation. Hit Enter untuk selanjutnya..
Fdisk FreeBSD
Hit Enter aja karena tidak ada pilihan lain, kita akan masuk ke fdisk..

fdisk
pada tampilan fdisk, disana akan terdetek berapa besar kapasitas Hardisk yang kita miliki, karena td di awal saya membuat hanya 8GB, jd hardisk yang bisa dipakai hanya 8GB. Selanjutnya untuk membuat partisi sistem FreeBSD, anda cukup menekan huruf C untuk Create Slice, akan muncul jumlah hardisk yg ingin dipakai hit Enter saja, lalu jenis file sistem yg ingin dipakai (default 165) hit Enter saja. Lalu hit Q untuk lanjut kita masuk keBoot Manager.



Boot Manager
Disini akan ada 3 pilihan boot manager untuk FreeBSD, untuk saat ini kita pilih yangStandard cukup hit Enter. Pilihan yang lainnya akan saya bahas selanjutnya..
  • BootMgr : jika sudah terinstall OS lainnya seperti Jendela, jd FreeBSD berada di partisi kedua atau ketiga.
  • Standard : jika hanya ada 1 OS yang terintstall tanpa OS yang lainnya.
  • None : For Expret Only. Untuk user yang sudah paham bagaimana men-chain boot FreeBSD terhadap BootLoader lainnya seperti grub, lilo, ntloader, dll.



fdisk partition
lalu kita akan masuk ke tampilan awal fdisk partititon, cukup hit Enter untuk masuk ke halaman berikutnya.



FreeBSD Partition Layout
sesuai dengan fdisk yang pertama kali, kita sdh mempunyai hardsik dengan kapasitas 8GB dengan file sistem FreeBSD, sekarang kita akan membuat partisi/slice untuk masing direktory yang dibutuhkan FreeBSD. Cukup hit A (Auto Defaults) maka pembagian slice akan terbagi secara otomatis oleh sistem. Pembahasan selanjutnya akan kita bahas satu persatu.. hit Q untuk lanjut masuk ke Base System yang akan di install ke mesin kita.



FreeBSD Base System
Pada tampilan ini anda diberikan pilihan, Base System apa yang akan di install ke mesin. Untuk saat ini, kita pilih Base Sytem minimal yang harus dimiliki oleh mesin FreeBSD. Hit Space untuk tanda (X), tekan tanda panah kanan (–>) atau kiri (<–)  untuk masuk ke pilihan OK atau Cancel. Hit Enter di OK.. lanjutkan ke media installasi..



Source Media Instalasi
Karena dari awal installasi kita menggunakan CD Image atau ISO, jadi kita pilih From a FreeBSD CD/DVD untuk melakukan installasi minimal td.



Warning Terakhir sebelum Instalasi dimulai
Maka akan muncul warning instalasi, untuk meyakinkan bahwa anda yakin untuk melakukan instalasi. Karena kita meng-installnya di mesin virtual, anda tidak perlu khawatir hardisk anda akan terpengaruh. Hit Enter untuk melanjutkan…



Installasi Sedang Berjalan..
Installasi sedang berjalan.. tunggu sampai selesai. pop-Up window akan muncul menandakan installasii anda berhasil seperti gambar dibawah ini..


Congratulations pop-up window
Hit Enter untuk melanjutkan..
Konfigurasi Network
pada bagian ini, anda akan melakukan konfigurasi network yang digunakan mesin, apakah menggunakan NIC atau Modem. pilih Yes & hit Enter untuk melanjutkan.



NIC Options
Perhatian !!! Jangan salah pilih pada saat memilih NIC anda, bisa-bisa anda tidak akan terhubung dengan jaringan & internet. Disini kita akan memilih em0 sebagai NIC mesin virtual kita, hit Enter untuk melanjutkan..



DHCP
Sebelum masuk ke pilihan DHCP ini, anda akan ditanyakan untuk mensetting IPV6 hit Enter untuk melanjutkan. Lalu pilih Yes untuk DHCP karena kita ingin mendapatkan IP secara otomatis. Hit Enter untuk lanjut…

DCHP Configuration
pada kolom Host, silahkan isi dengan nama yg anda inginkan. Untuk tulisan ini saya isi dengan freebsd. Untuk Kolom domain, karena kita memilih DHCP, secara otomatis akan terisi dengan localdomain. Sedangkan untuk kolom Ipv4 address, Ipv4 Gateway, NameServer, NetMask sudah terisi secara otomatis. Hit Enter untuk melanjutkan..



SSH
Anda akan berada pada beberapa pilihan-pilhan sebelum masuk ke SSH pop-up window ini. Hit Enter saja, krn secara default kita belum memerlukannya untuk saat ini. Untuk SSH ini, jika anda merasa membutuhkan koneksi SSH dari mesin lain, silahkan pilih Yes. Jika Tidak, cukup hit Enter pada awal muncul pop-up..

Time Zone Selector
sama seperti halnya diatas, sebelum masuk ke pop-up Time Zone Selector ini, cukup hit Enter untuk defaultnya sampai masuk ke gambar diatas. Lalu kita akan memilih Asia sebagai region kita.


Country
Pilih Indonesia sebagai Country Regionnya. Cukup hit Enter untuk selanjutnya sesuai daerah masing-masing.. Merdeka !!!
Sekarang waktunya membuat akun untuk dimesin FreeBSD ini. Untuk tujuan pembuatan Tulisan ini, saya pilh Yes


Add User
Lalu saya pilih User, pilih Ok.. Hit Enter untuk melanjutkan..
User Account
Masukkan detail masing-masing sesuai yang anda inginkan, setelah selesai cukup hit Enter untuk melanjutkan ke option masing-masing. Jangan lupa mengisi MemberGroup wheel jika ingin mempunyai akses sbg root. Jika sudah terisi semuanya, lanjutkan dengan menekan Enter…



Root Password
Masukkan password root yang anda inginkan.. ulangi lagi.. hingga ke bagian terakhir..



Almost Finish
Kalau sudah merasa yakin dengan semuan, pilih No hit Enter



Finished
Exit Install, hit Enter..



Last Warning
Hit Enter to Yes, Installasi FreeBSD selesai.. Remove atau Disconnet iso & reboot.



FreeBSD First Boot
Setelah di restart, mesin akan booting dari hardisk dan akan muncul tampilan seperti ini.. artinya installasi FreeBSD anda berhasil.. Login sesuai user yang didaftarkan beserta passwordnya.



You’re Done
And You’re Done…

Mudahan-mudahan tutorial ini bisa mendekatkan diri kita kepada FreeBSD… aamiin..
Let’s Spread The World of FreeBSD in INDONESIA.

sumber ::  http://www.idaayusukerti.com/?page_id=37






















0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berita Populer