Selasa, 25 Oktober 2011

Kabel Jaringan

Saat saya kursus jaringan, saya di ajarkan tentang pengkabelan. Yang saya ingat yaitu ada kabel straight untuk menghubungkan antar komponen yang berbeda seperti : computer ke switch, dan ada juga kabel cross untuk meghubungkan antar komponen yang sama seperti : computer ke computer.

Dari teori tersebut saya berhipotesis bahwa : Jika saya ingin mehubungkan computer dengan computer menggunakan kabel straight, maka koneksinya gagal atau tidak terjadi.

Tetapi kenyataanya setelah saya melakukan percobaan di kosan saya dan coba untuk mengkoneksikan laptop(computer) dengan PC (computer desktop) menggunakan kabel straight. Hasilnya koneksi tetap bisa di lakukan. Saya juga melakukan tes dengan ping dan ipconfig, bahkan saya juga melakukan sharing folder sebagai mana yang saya lakukan dengan menggunakan kabel cross, dan ternyata berhasil.

Kesimpulan yang dapat saya ambil dari hasil percobaan itu adalah : kita bisa mengkoneksikan komponen yang sama baik dengan kabel cross ataupun kabel straight.

Yang menjadi pernyataan saya, apakah teori itu benar ataukah dari cara percobaan saya yang salah?

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berita Populer